Home     Profil     Kerjasama     Konsentrasi     Beasiswa     Kurikulum     Kontak Kami
Kemahasiswaan     Laboratorium     PMB     Unit Usaha     PPTM     Download     Berita     Publikasi     Lowongan     Event     Galeri     Video     Tracer Study     Profil Alumni

Profil Program Diploma Mesin


Pengembangan Strategis Program Diploma Teknik Mesin SV-UGM
SISTEM PEMBELAJARAN

Program Diploma Teknik Mesin UGM (PDTM) mengembangkan sistem pendidikan dan kurikulum yang setara dengan yang ada di sistem Politeknik Negeri. Dengan Komposisi praktikum (60%) dan teori (40%), diharapkan mahasiswa akan menjelma menjadi lulusan atau tenaga kerja yang berbasis keahlian terapan profesional yang dilengkapi dengan kemampuan analitis yang mencukupi.
...................................................................................................................




RESPON TENAGA KERJA

Berdasarkan survey, lulusan program ini memiliki daya serap yang sangat tinggi di dunia kerja. Secara reguler pihak industri berskala regional/nasional/internasional hadir ke kampus PDTM untuk melakukan rekruitmen tenaga kerja/tes langsung di kampus. Artinya, pasar kerja memiliki antusiasme yang besar terhadap lulusan Program Diploma Teknik Mesin SV-UGM.
Beberapa perusahaan /Industri yang telah rutin menjadi tempat magang dan melakukan perekrutan tenaga kerja di PDTM SV UGM antara lain : PT. Indomobil Suzuki International, PT. Astra Honda Motor, PT. Kayaba Indonesia Tbk, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Federal Superior Chain Manufacturing (FSCM), PT. Showa Indonesia Manufacturing, PT. United Tractor, PT. Menara Terus Makmur, PT. Krakatau Steel, PT. Semen Padang, PT. Semen Gresik, PT. Petrokimia Gresik, PT. Agro Rubberindo, PT. LG Electronic, PT. Sharp Electronic, PT. Indonesia Epson, PT. Panasonic Gobel Battery Indonesia, dan lain-lain.
Disamping itu bagi lulusan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lanjut dapat meneruskan pendidikannya melalui program ekstensi.
...................................................................................................................

LINK AND MATCH

Membangun hubungan kemitraan dengan pihak user (pemakai lulusan) adalah salah satu strategi filosofis yang harus dilakukan oleh semua institusi pendidikan.

1. Program Magang 6-9 bulan di Industri

Program magang dilakukan di industri berskala nasional/internasional merupakan implementasi untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja sejak awal. program Diploma Teknik Mesin UGM terus membina hubungan kemitraan dengan dunia industri serta para alumni yang telah tersebar dan telah berkiprah didunia industri/kerja untuk menyalurkan magang mahasiswa. Digabungkan dengan program magang, sistem pendidikan PDTM dapat menghasilkan waktu rata-rata lulusan mahasiswa 3 tahun.

2. Kurikulum

Salah satu wujud integrasi dan kemitraan dengan pihak industri adalah terwujudnya PUSDIKLAT SUZUKI GADJAH MADA di PDTM SV-UGM, bekerjasama dengan PT. Indomobil Suzuki International. Memasuki tahun ke-4, PDTM menerima bantuan terbaru dari ISI berupa 1 unit mobil Suzuki APV untuk dipergunakan mendukung kegiatan praktikum. Selain itu, dunia industri juga sangat erat sekali dengan dunia/sistem manufaktur. Oleh karena itu, real situation dan real problems dalam dunia industri manufaktur juga telah dikemas dalam penyusunan kurikulum berbasis kompetensi.



PROFIL
  Sekilas
  Visi & Misi
  Pengurus
  Staf Pengajar
  Karyawan
  Instruktur & Laboran
  Peta

KONSENTRASI
 Teknik Otomotif
 Teknik Manufaktur & Otomasi
 Teknik Alat Berat

PARTNER







 
Copyright © Program Diploma Teknik Mesin
Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta