Home     Profil     Kerjasama     Konsentrasi     Beasiswa     Kurikulum     Kontak Kami
Kemahasiswaan     Laboratorium     PMB     Unit Usaha     PPTM     Download     Berita     Publikasi     Lowongan     Event     Galeri     Video     Tracer Study     Profil Alumni

Publikasi


Penelitian Dosen


  KARAKTERISTIK MENARA PENDINGIN DENGAN SUSUNAN PIPA-PIPA PVC SEBAGAI PENDISTRIBUSI CAIRAN
Oleh: Ir. Susanto Johanes, MT
Tanggal: 01 April 2011

Abstrak:
Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari karakteristik perpindahan kalor menara pendingin yang terbuat dari kaca dengan ukuran luas penampang 9 cm x 9 cm, tinggi 100 cm, dengan pendistribusi cairan terdiri dari susunan pipa-pipa bersirip, berdiameter 1,7 cm, dari bahan pvc. Dengan memvariasikan temperatur air masuk menara, rasio laju aliran massa air/udara, tinggi pendistribusi cairan dan jumlah sirip, akan diperoleh karakteristik menara yang dinyatakan sebagai NTU dan efektivitas perpindahan kalor, serta hubungan keduanya. Persamaan korelasi yang merupakan karakteristik menara pendingin, dari hasil penelitian ini, untuk selanjutnya dibandingkan dengan hasil penelitian lain



 Studi JFC filter pada sepeda motor 4 langkah degan abu vulkanik Gunung Merapi thd Kemampuan Mesin
Oleh: Harjono, ST.,MT
Tanggal: 01 April 2011

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan JFC filter pada sepeda motor 4 langkah dengan abu vulkanik letusan gunung Merapi terhadap kemampuan mesin. Pengujian yang dilakukan adalah mengukur daya mesin (HP) dan torsi mesin (Nm)serta pengukuran konsumsi bahan bakarnya (ml/menit). Pengujian daya dan torsi mesin dengan dynotest jenis inersia pada putaran mesin mulai 4000 rpm sampai 10.000 rpm. Pengujian konsumsi bahan bakar dengan alat ukur konsumsi bahan bakar pada putaran mesin 1000 rpm sampai 5000 rpm. Pengujian dilakukan dengan membandingkan saringan udara standart dengan JFC filter yang terkena abu vulkanis dengan yang telah dibersihkan, kemudian dilakukan pengujian dengan saringan udara yang terkena abu vulkanis akan tetapi tidak dilakukan pembersihan. Filter udara yang terkena abu vulkanis kemudian dibersihkan dan tanpa dibersihkan, dihasilkan daya mesin terbesar pada putaran mesin 7500 rpm. Daya untuk saringan udara yang dibersihkan pada JFC filter yaitu 8,3 Hp, sedangkan filter standart yaitu 8.1 Hp. Pada saringan udara yang tanpa dibersihkan daya mesin dengan pemasangan JFC filter dan filter standart tercapai sama yaitu 7,3 Hp. Filter udara yang terkena abu vulkanis kemudian dibersihkan dan tanpa dibersihkan, dihasilkan torsi mesin terbesar pada putaran mesin 5000 rpm. Untuk saringan udara yang dibersihkan pada JFC filter yaitu 9,16 Nm, sedangkan filter standard yaitu 9,28 Nm. Pada saringan udara yang tanpa dibersihkan torsi mesin dengan pemasangan JFC filter 9,78 Nm dan filter standart tercapai sama yaitu 8,81 Nm. Konsumsi bahan bakar pada filter udara yang terkena abu vulkanis tanpa dibersihkan lebih besar daripada filter udara yang terkena abu vulkanis dengan dibersihkan. Pada putaran mesin 1000 rpm konsumsi bahan bakar 4 ml/menit untuk filter udara standart yang dibersihkan dari abu vulkanis, sedangkan yang terkena abu vulkanis tanpa dibersihkan konsumsi bahan bakar pada putaran 1000 rpm sebesar 23 ml/menit



 The Perfomance of Four Stroke Motorcycle Engine for Gasoline and Pertamax Fuel
Oleh: Ir. FX. Sukidjo, MT
Tanggal: 01 May 2011

Abstrak:
Based on the Republic of Indonesia government, that the availability of oil fuel in the world which is more and more reduced, so the owners of private motor and car to consumpt pertamax as fuel. Premium will be consumpted specially for the poor categories. Therefore it is required studying about how the effect for the engine performance. In this research used SPIN motor cycle as testing material. This motor is selected as material for this research because matic vehicles are large applicated for transportation. Data which are required as performance of the engine, involve power and torsion, fuel consumption, the temperature of cylinder head, and emission of exhausted gas. Based on the analysis of the data, may be concluded that types of the fuel affect to the engine performance. The power of the engine which consumpt pertamax is 0,3 HP higher, the torsion is 0,72 N.m higher. The consumption of premium is cheaper Rp 4,2 each HP. The temperature of cylinder head which engine consumpt pertamax is 71,3 oC higher.



 Aerodynamics Analysis of Unmatching Prototype of Helicopter Contra-rotating Propellers
Oleh: Setyawan Bekti Wibowo, ST., M.Eng
Tanggal: 01 April 2011

Abstrak:
The helicopter is one of the tools commonly used in making the material imaging of an area such as disaster areas, and so forth. To get the image data that is integrated with both the device needs a helicopter to the conditions as stable as possible with high energy efficiency. The use of contra-rotating propellers on the helicopter will make the helicopter more stable and efficient. The configuration settings of the pair propeller will affect performance of contra-rotating system. This research will design and analyze prototype pair configuration aerodynamically contra-rotating propellers on the helicopter using numerical simulations to get the most optimal configuration. Each propeller rotation speed will be set so that each eliminate torque to prevent the body rolling. Optimum design will cause the maximum air flow between the propeller rotation without creating turbulent air flow (vortex) and produces high performance. The results of the simulation showed that the use of contra-rotating propeller can provide more powerful lift while the effect of air swirl (vortex) and the turbulence can be minimized so that the force helicopter is more efficient in keeping the body rolling which means more efficiency increased.



 Desain dan Analisa Performa Prototip Propeler Contra-Rotating Helikopter
Oleh: Setyawan Bekti Wibowo, ST., M.Eng
Tanggal: 01 April 2010

Abstrak:
Teknologi propeler (baling-baling) contra-rotating sangat dibutuhkan untuk aplikasi-aplikasi peralatan kedirgantaraan dan kelautan. Penggunaan propeler contra-rotating memiliki banyak keunggulan dari pada propeler tunggal. Pada propeler contra-rotating akan memberikan efisiensi puncak yang lebih tinggi, performa kinerja yang lebih baik, dan kemampuan menahan dan mengatur torsi mesin. Penggunaan propeler contra-rotating pada helikopter bisa menaikkan daerah putaran baling-baling, sehingga bisa lebih banyak menyerap tenaga dari mesin dan tidak memerlukan baling-baling ekor (tail rotor). Penghilangan baling-baling ekor akan membuat desain helikopter menjadi lebih kecil, kompak dan ringan sehingga menguntungkan dalam pergerakan saat manufer atau pertempuran. Penelitian ini akan mendesain prototip untuk propeler contra-rotating pada helikopter dan menganalisa gaya dan torsi akibat pasangan propelernya. Masing-masing propeler akan saling menghilangkan torsi agar tidak terjadi pemutaran mesin. Pendesainan yang baik akan menyebabkan udara maksimum bisa mengalir antar baling-baling tanpa membuat aliran udara rotasi dan menghasilkan performa yang tinggi.



 Pengaruh Pengaruh Penginjeksian Uap Air Sungai Dari Gunung Merapi Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepe
Oleh: Ir. Greg Sukartono
Tanggal: 01 April 2011

Abstrak:
Pada penelitian ini sistem pemasukan bahan bakar ditambahkan dengana air dalam bentuk uap melalui intake manifold. Panas dari saluran pembuangan hasil pembakaran digunakan untuk memanaskan air sebelum dimasukan ke ruang bakar. Dengan cara ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembakaran di ruang bakar, sehingga dapat tercapai pembakaran yang lebih sempurna. Air yang digunakan diambil dari sungai Gendol, sungai opak, sungai kuning, sungai boyong, dan sungai putih. Sungai-sungai tersebut berhulu dari Gunung Merapi. Selain air sunagi juga juga digunakan air Aqua dan air biasa di lingkungan Diploma Teknik Mesin SV UGM. Hasil penginjeksian air diuji emisi gas buang dari hasil pembakaran dan dibuat dalam bentuk grafik atau kurva. Grafik tersebut dapat dilihat berdasarkan berbedaan sumber air yang berbeda.



PUBLIKASI
 Penelitian Dosen
 Tugas Akhir Mahasiswa

KONSENTRASI
 Teknik Otomotif
 Teknik Manufaktur & Otomasi
 Teknik Alat Berat

PARTNER







 
Copyright © Program Diploma Teknik Mesin
Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta