Home     Profil     Kerjasama     Konsentrasi     Beasiswa     Kurikulum     Kontak Kami
Kemahasiswaan     Laboratorium     PMB     Unit Usaha     PPTM     Download     Berita     Publikasi     Lowongan     Event     Galeri     Video     Tracer Study     Profil Alumni

Penerimaan Mahasiswa Baru


Penerimaan Mahasiswa Baru 2014 Jalur PBU & UTUL

Prosedur Pendaftaran PBU


Membayar biaya pendaftaran

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB):
Biaya : Rp 250.000,-
Kode : 935 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy)

Penelusuran Bibit Unggul SMA/MA/SMK (PBUSMAK) = Rp 250.000,-
Kode : 934 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy)

Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK):
Biaya : Rp 350.000,-
Kode : 933 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy)

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM):
Biaya : Rp 10.000,-
Kode : 932 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy)

melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN pada tanggal 10 Februari s.d. 30 April 2014. Dengan mengisikan kode jalur peneriman diikuti tanggal lahir.

Login ke situs Pendaftaran SV UGM untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur PBU-SV berhak untuk memilih 2 (dua) program studi pilihan berdasar skala prioritas.

Melengkapi seluruh persyaratan berkas (klik lihat detail berkas) dan memasukkan seluruh berkas pendaftaran serta semua persyaratan ke dalam stofmap:
-warna Biru dengan menuliskan "PBUSMAK-SV" di pojok kanan atas stofmap
-warna hijau dengan menuliskan "PBUTM-SV" di pojok kanan atas stofmap
-warna Merah dengan menuliskan "PBUK-SV" di pojok kanan atas stofmap
-warna Kuning dengan menuliskan "PBUB-SV" di pojok kanan atas stofmap.

Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran dengan alamat : Sekretariat UM UGM, Gedung Direktorat Akademik, Jl. Pancasila, Boulevard, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Penerimaan berkas pendaftaran dilayani di Gedung Direktorat Akademik mulai tanggal 10 Februari s.d. 5 Mei 2014 pada hari dan jam kerja:
Senin - Kamis : Pukul 08.00-16.00 WIB (istirahat pukul 12.00-13.00 WIB)
Jumat : Pukul 08.00 - 15.00 WIB (istirahat pukul 11.00-13.00 WIB)

Contoh surat:

-Kesanggupan pembiayaan dari instansi/perusahaan penyandang dana peserta PBUK dapat diunduh di sini
-Kesanggupan pembiayaan orangtua/wali peserta PBUSMAK dapat diunduh di sini
-Kesanggupan pembiayaan orangtua/wali peserta PBUB dapat diunduh di sini



UJIAN TULIS (UTUL)



UTUL diselenggarakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru Program Diploma Sekolah Vokasi UGM yang berkualitas dengan kemampuan akademik disertai penguasaan bidang keahlian yang unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Materi seleksi meliputi Tes Potensi, Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam / Ilmu Pengetahuan Sosial (sesuai program studi yang dipilih).


UTUL SV akan diselenggarakan 2 (dua) gelombang. Khusus Gelombang 1 dilaksanakan bersama dengan UTUL UM UGM Program Sarjana. Sedangkan UTUL Gelombang 2 akan dilaksanakan tersendiri.


1. Ujian Tulis Gelombang 1 melalui UM UGM 2014



Ujian Tulis UM UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2012, 2013 dan 2014 untuk mengikuti seleksi dengan memilih program studi pada Program Sarjana atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1).



Persyaratan Peserta UTUL UM UGM


  1. Lulus SMA/MA/SMK pada tahun 2012, 2013 atau 2014

  2. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

  3. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM).




Prosedur Pendaftaran UTUL UM UGM


  1. Membayar biaya pendaftaran untuk kelompok ujian Saintek/IPA dan Soshum/IPS sebesar Rp 300.000,00 atau untuk kelompok ujian Campuran sebesar Rp 325.000,00 melalui system multi-payment Bank Mandiri.

  2. Login ke situs http://um.ugm.ac.id/ untuk mengisi formulir pendaftaran secara online

  3. Mencetak bukti pendaftaran online kemudian melengkapi berkas pendaftaran di bawah ini:



  • Bukti pendaftaran;

  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 (background biru);

  • Surat kesanggupan pembiayaan bermeterai;

  • Surat keterangan penghasilan orangtua/wali;

  • Fotokopi STK/STTB/UAN.


Keterangan : harap dibawa pada saat hari-H ujian kecuali bagi peserta yang memilih lokasi ujian di luar kota Yogyakarta kelengkapan berkas dibawa pada saat verifikasi pada tanggal 26 Juni-2 Juli 2014 (untuk lokasi ujian Pekanbaru), 2-5 Juli 2014 (untuk lokasi ujian Jakarta) dan 5-6 Juli 2014 (untuk lokasi ujian Balikpapan) di sekretariat masing-masing lokasi ujian.


Pilihan Program Studi


  • Program Studi pada Program Sarjana dan Diploma UGM dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Program Studi Kelompok Saintek/IPA dan Program Studi Kelompok Soshum/IPS.

  • Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:


    • Kelompok ujian Saintek/IPA hanya dapat memilih program studi Saintek/IPA pada program Sarjana atau Diploma atau keduanya (baik Program Sarjana dan Diploma).

    • Kelompok ujian Soshum/IPS hanya dapat memilih program studi Soshum/IPS pada program Sarjana atau Diploma atau keduanya (baik Program Sarjana dan Diploma).

    • Kelompok ujian Campuran/IPC dapat memilih program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok Saintek/IPA dan kelompok Soshum/IPS pada program Sarjana atau Diploma atau keduanya (baik Program Sarjana dan Diploma).


  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.









Materi UTUL UM UGM
Materi Ujian Tulis Ujian Masuk (UTUL UM) UGM adalah sebagai berikut:

  1. Tes Kemampuan Dasar Umum

  2. Tes Potensi Akademik

  3. Tes Kemampuan Soshum

  4. Tes Kemampuan Saintek




Lokasi UTUL UM UGM

Lokasi Ujian Tulis Ujian Masuk (UTUL UM) UGM akan dilaksanakan di kota-kota sebagai berikut:

  1. Yogyakarta

  2. Jakarta

  3. Pekanbaru

  4. Balikpapan 


Khusus peserta yang memilih lokasi ujian di luar kota Yogyakarta, dikenakan biaya tambahan sebesar:

  1. Jakarta : Rp. 100.000,00

  2. Balikpapan : Rp. 125.000,00

  3. Pekanbaru : Rp. 150.000,00


Biaya tambahan tersebut dibayarkan kepada panitia lokal pada tanggal 26 Juni-2 Juli 2014 (untuk lokasi ujian Pekanbaru), 2-5 Juli 2014 (untuk lokasi ujian Jakarta) dan 5-6 Juli 2014 (untuk lokasi ujian Balikpapan) di alamat sekretariat sebagai berikut:

  • Jakarta 



SMA LABSCHOOL Jakarta
Jl. Pemuda Kompleks UNJ Rawamangun Jakarta Timur 13220
Tlp : 021-47860038
Fax : 021-4897283
CP : Bpk. Iwan Kurniadi 


  • Balikpapan 



Kantor Notaris Hamid Gunawan, SH
Jl. KH.Agus Salim II No. 42 (Ruko Pegadaian) Klandasan Ulu, Balikpapan 76112
Tlp : 081348796767
Fax : 0542-442094
Email : kagama_bpn@yahoo.co.id
CP : Ibu Nunik 


  • Pekanbaru 




Sekretariat Panlok Pekanbaru
Jl. Patimura No 4 Pekanbaru
Tlp : 081261675800 


Kontak
Sekretariat UM UGM
Direktorat Akademik, Jl. Pancasila (Boulevard), Bulaksumur, Yogyakarta - 55281

+62274 551222, +62274 6491808, +62274 6491888, +62274 6492116
+62274 551222, +62274 552132

http://um.ugm.ac.id
umugm@ugm.ac.id
http://facebook.com/ujianmasukugm


KONSENTRASI
 Teknik Otomotif
 Teknik Manufaktur & Otomasi
 Teknik Alat Berat

PARTNER







 
Copyright © Program Diploma Teknik Mesin
Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta