Home     Profil     Kerjasama     Konsentrasi     Beasiswa     Kurikulum     Kontak Kami
Kemahasiswaan     Laboratorium     PMB     Unit Usaha     PPTM     Download     Berita     Publikasi     Lowongan     Event     Galeri     Video     Tracer Study     Profil Alumni
26-August-2015

Mahasiwa Baru UGM Bentuk Formasi Logo ASEAN





YOGYAKARTA - Sebanyak 9.536 mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) membentuk formasi logo ASEAN dalam ukuran besar di lapangan Grha Sabha Pramana, Minggu (23/8). Memakai caping berwarna kuning, merah, dan putih, ribuan mahasiswa ini berkreasi membentuk formasi agar mirip dengan simbol lambang perhimpunan bangsa-bangsa se-Asia Tenggara tersebut.
Rektor UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., mengatakan hasil kreasi mahasiswa baru UGM ini sebagai salah satu bagian dari rangkaian kegiatan penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB). PPSMB yang dilaksanakan selama enam hari, 18-23 Agustus, kali ini mengusung tema "Integrasi Keilmuan Menyambut Asean Community dengan Semangat Nilai Pancasila". Lewat kegiatan ini, kata Rektor, mahasiswa baru diajak mengenal lebih dekat dengan lingkungan kampusnya sekaligus mempersiapkan mereka menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya. “Kita harapkan lewat kegiatan ini bisa menginspirasi mahasiswa untuk berkontribusi dalam menyukseskan Masyarakat Ekonomi Asean,” kata Rektor.
Di hadapan ribuan mahasiswa baru yang mengenakan jaket almamater, Rektor berpesan agar mahasiswa baru UGM tetap menjaga persatuan dan kesatuan jati dengan menumbuhakan semangat nasionalisme dan tidak terkotak-kotak dalam semangat suku dan kedaerahan. Oleh karena itulah, Rektor beralasan, pada PPSMB kemarin para mahasiswa sengaja ditempatkan dalam setiap gugus (kelompok) mahasiswa yang terdiri dari beragam daerah, suku, agama dan bidang ilmu yang ditekuni. “Kita harapkan mahasiwa nantinya tetap selalu bisa menjaga persatuan dan persaudaraan,” katanya.
Tidak hanya itu, tambah Rektor, mahasiswa juga diarahkan untuk terus menjaga kekompakan dan bisa bekerja sama deagan satu sama lain untuk bisa berkompetisi dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean.
Sementara itu Presiden Mahasiswa UGM Satria Triputra Wisnumurti dalam orasinya mengatakan mahasiswa UGM harus mampu menunjukkan sikap dan nilai-nilai kerakyatan dengan terbiasa hidup sederhana selama kuliah di kampus UGM. Ia pun tak segan-segan mengajak agar mahasiswa baru terbiasa berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat beraktivitas ke kampus.
Ia pun mengingatkan mahasiwa baru agar selalu memperjuangkan aspirasi rakyat dengan tidak mengandalkan nama besar UGM, “Tapi buatlah UGM ini bangga dengan kebesaran namamu,” paparnya.
Selain diisi orasi dari Presiden Mahasiswa UGM, penutupan PPSMB 2015 kali ini juga menghadirkan Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha, M.A., yang menyampaikan orasi di hadapan para mahasiswa baru. Kegiatan penutupan PPSMB diakhiri dengan selebrasi Asean serta semarak benderah merah putih oleh seluruh mahasiswa baru. (Humas UGM/Gusti Grehenson)www.ugm.ac.id


KONSENTRASI
 Teknik Otomotif
 Teknik Manufaktur & Otomasi
 Teknik Alat Berat

PARTNER







 
Copyright © Program Diploma Teknik Mesin
Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta